Idetifikasi Kapital Sosial

Identifikasi Kapital-kapital dalam Video Sosiologi Pedesaan

Video Sosiologi Pedesaan yang ditampilkan oleh Prof. Dr. Robert M.Z. Lawang dalam kuliah Kapital Sosial dan Kesejahtaraan Sosial dapat diidentifikasi menurut Kapital-kapital  berikut ini:

Kapital Fisik:

Ada beberapa sumber daya fisik (alam) yang dapat diubah menjadi Kapital Fisik, yakni: air, tanah, batu, pasir, semen, pipa paralon, rumah, alat pembangkit listrik, kabel, lampu dan meteran listrik. Sumber daya fisik ini dapat menjadi Kapital Fisik bila diarahkan untuk menghasilkan listrik bagi keluarga.

Kapital Manusia:

Tampilan video menunjukkan juga ada seorang pria dewasa. Ia memiliki sumber daya, yakni pengetahuan dan keterampilan akan listrik. Sumber daya ini dapat menjadi Kapital Manusia untuk menghasilkan listrik bagi keluarga.

Kapital Budaya:

Sekilas dari tampilan video terlihat suasana pedesaan dengan hamparan sawah dengan sebuah rumah di lokasi persawahan. Ada sumber daya budaya yang secara implisit muncul dalam video tersebut adalah budaya kerja keras. Sumber daya budaya kerja keras ini menjadi Kapial Budaya dalam keseriusan dan kedisiplinan untuk menghasilkan listrik bagi keluarga.

Kapital Sosial:

Tampak dari video ada satu rumah. Secara implisit berdiam satu keluarga. Sumber daya sosial ini menjadi Kapital Sosial dalam menjalankan fungsinya dengan baik untuk terus memanfaatkan listrik ini dalam bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Sosialisasi ini tentunya dibangun atas dasar kepercayaan, jaringan, dan struktur sosial setempat.

Hal yang diperlukan untuk menjaga keterhubungan antar Kapital di atas, yakni perlindungan terhadap alam sehingga sumber air dapat berlangsung terus dan dapat menghasilkan listrik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Sekian!

//

Leave a comment